jump to navigation

Data NJOP Dibuka November 7, 2008

Posted by maskokilima in Rumah, Tax.
Tags: , , , , , ,
trackback

spptpbb2

Update per 11 Maret 2011

Kabar gembira buat wajib pajak dan pihak lain yang berkepentingan. Ternyata DJP sudah lama membuka data mengenai NJOP Wajib Pajaknya. Data yang dibuka adalah mengenai NJOP Tanah dan Kelas Tanah dari lokasi yang sudah dapat digunakan untuk seluruh wilayah Indonesia. Untuk melihat data ini silakan klik link ini http://njop.pajak.go.id/.  Publikasi data NJOP ini diatur dalam PER-21/PJ./2008 tanggal 19 Mei 2008. Peraturan Dirjen Pajak ini bisa di dapat di sini.

Dibukanya data NJOP ini tentunya terkait dengan transparansi dan modernisasi yang dilakukan oleh DJP. banyak sekali kita mendengar tentang keluhan, bahwa PBB dalam satu wilayah bahkan bertetangga bisa berbeda. Dengan dibukanya akses NJOP ini, Wajib Pajak bisa melakukan pengecekan apakah NJOP tanahnya di SPPT sesuai dengan data di situs ini. Juga untuk meminalkan perbedaan penafsiran antara tetangga mengapa jumlah PBB yang dibayarkan berbeda. Buat WP tidak perlu takut privacy-nya akan terganggu, karena meskipun data NJOP ini dibuka, tetap rahasia WP terjamin. Lho? Kok Bisa? Ya bisa aja, karena data yang buka hanya data jalan dan blok saja, tidak diperlihatkan data untuk masing-masing petak tanah WP.

Selain berguna bagi Wajib Pajak, dibukanya akses NJOP ini juga bermanfaat bagi pihak yang ingin melakukan transaksi jual beli tanah. Karena benchmark harga tanah di daerah tersebut bisa langsung diketahui. Sayangnya, sampai saat ini data yang dibuka baru wilayah Jakarta saja karena proyek ini  merupakan proyek percontohan.

Untuk, yang mau ngintip situs ini, disarankan menggunakan browser IE karena saya mencoba menggunakan Opera dan Firefox tapi peta yang diattach ternyata tidak dapat dibuka, selain dengan IE.

Happy browsing!

About these ads

Comments»

1. mervandi - November 13, 2008

wah, baru tau kalau njop sekarang sudah dibuka..
thanks infonya.

2. Rulli - November 17, 2008

Saya juga baru tahu mas…
salam kenal mas…
bagi-bagi pengetahuannya soal mapping dan geomath

3. renny madjid - January 25, 2009

wah makasih atas infonya mas
lumayan ngebantu bt aq yg lg mau cari tau njop bt susun tesis nih
kpn2 blh sharing y mksh bnyk

4. YOGA - April 29, 2009

SAYA CARI NJOP BANDUNG..ADA NGGA YA

5. Rulli - April 30, 2009

@YOGA, seperti saya kemukakan di alenia 3 paragraph terakhir, data yang di upload hanya untuk wilayah DKI Jakarta saja…
mungkin untuk wilayah lain menyusul.

6. pengembara - June 4, 2009

Wahh, saya sudah coba… tapi tetep nggak bisa .. tapi malah error terus websitenya. sepertinya mau dibuka ..tapi nggak niat.

7. franki - June 21, 2009

mas, apakah bisa dibantu untuk diupload dilink mana gitu..soalnya yang di pajak.go.id kok error terus yach..mohon pencerahan…

8. Chandra - August 6, 2009

SURAT EDARAN DIREKTUR JENDERAL PAJAK
NOMOR SE – 62/PJ/2008

TENTANG

PELAKSANAAN PUBLIKASI NILAI JUAL OBJEK PAJAK BUMI

DIREKTUR JENDERAL PAJAK,

Dalam rangka pelaksanaan Publikasi Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) Bumi sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor 21/PJ/2008 tanggal 19 Mei 2008 tentang Publikasi Nilai Jual Objek Pajak Bumi, dengan ini disampaikan hal-hal sebagai berikut :

1. Yang dimaksud dengan NJOP Bumi adalah Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) Bumi sebagaimana dinyatakan dalam Pasal 1 ayat (2) Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor 21/PJ/2008 yang basis datanya sudah berpola SISMIOP.
2. Pengembangan aplikasi pendukung Publikasi NJOP Bumi beserta petunjuk instalasi dan penggunaannya telah selesai dilakukan dan dapat diunduh (download) melalui portal DJP pada menu Serba-serbi –> Download –> Aplikasi Publikasi NJOP Bumi.
3. Aplikasi sebagaimana angka 2 di atas, dikembangkan dengan menggunakan teknologi yang berbasis web dengan komunikasinya memanfaatkan jalur intranet dan internet dengan penjelasan pengaturan sebagai berikut :

a.

Kantor Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan (KPPBB) atau Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPP Pratama)
Setiap KPPBB/KPP Pratama agar melakukan instalasi aplikasi Publikasi NJOP Bumi yang digunakan untuk keperluan pengiriman (upload) Data Usulan Publikasi (DUP) NJOP Bumi yang hasilnya akan disimpan di basisdata induk (master database) Kantor Pusat DJP. Aplikasi Publikasi NJOP Bumi ini dijalankan dengan menggunakan User dan Password Operator Console (OC) seperti pada aplikasi SISMIOP;

b.

Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP)
Setiap Kanwil DJP tidak perlu melakukan instalasi aplikasi, namun persetujuan (approval) DUP NJOP Bumi dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi yang ada di portal DJP pada menu Aplikasi –> Aplikasi Publikasi NJOP Bumi;

c.

Berkenaan dengan pengguna aplikasi sebagaimana huruf b di atas, Kepala Kanwil DJP diminta menunjuk minimal 1 (satu) orang pegawai yang bertanggung jawab untuk melakukan persetujuan DUP NJOP Bumi dan mengirimkan daftar pegawai tersebut ke Kantor Pusat DJP u.p Direktorat Ekstensifikasi dan Penilaian untuk dibuatkan kata sandi (password) pengguna aplikasi.

d.

Hasil persetujuan DUP NJOP Bumi yang dilakukan oleh kanwil DJP akan diupload ke basis data Publikasi NJOP Bumi berbasis internet, sehingga masyarakat (stakeholders) dapat mengakses dengan menggunakan fasilitas yang disisipkan dalam portal DJP (www.pajak.go.id);

e.

Prosedur pengusulan DUP NJOP Bumi diatur lebih lanjut dalam Lampiran I Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor 21/PJ/2008 tentang Tata Cara Penyiapan Data Publikasi NJOP Bumi, sedangkan prosedur persetujuan DUP NJOP Bumi diatur lebih lanjut dalam Lampiran II Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor 21/PJ/2008 tentang Tata Cara Pemberian Persetujuan Data Publikasi NJOP Bumi.

4. Sehubungan dengan hal-hal tersebut diatas dan memperhatikan ketentuan Pasal 8 Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor 21/PJ/2008, dipandang perlu pelaksanaan Publikasi NJOP Bumi akan dilaksanakan secara bertahap dan berkesinambungan disesuaikan dengan ketersediaan infrastruktur pendukung yang dikelola Direktorat Jenderal Pajak dan kesiapan masing-masing unit KPPBB/KPP Pratama.
5. Berkenaan dengan angka 4 di atas, jadual pelaksanaan Publikasi NJOP Bumi ditentukan dengan memperhatikan skala prioritas wilayah publikasi sebagai berikut :

No

Tahun Pelaksanaan

Wilayah Publikasi
(Kanwil DJP)

1

2008

Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara

2

2009

Banten, Jawa Barat I, Jawa Barat II, Jawa Tengah I, Jawa Tengah II, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur I, Jawa Timur II, Jawa Timur III, Bali

3

2010

Sumatera Utara I, Riau dan Kepulauan Riau, Sumatera Selatan dan Kep. Babel, Sulawesi Selatan Barat dan Tenggara

4

2011 dst

Nangroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara II, Sumatera Barat dan Jambi, Bengkulu dan Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan dan Tengah, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara, Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara, Papua dan Maluku

6. Pada tahun 2008, khusus untuk Kanwil DJP se-DKI Jakarta, diminta agar pengusulan dan persetujuan DUP NJOP Bumi dapat dilaksanakan paling lambat bulan Oktober 2008.
7. Diminta agar Kepala Wilayah DJP sebagaimana angka 5 di atas, melakukan koordinasi, bimbingan teknis, dan pengarahan kepada KPPBB/KPP Pratama di wilayah kerja Saudara untuk mempersiapkan data dengan sebaik-baiknya dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan Publikasi NJOP Bumi di wilayah kerja masing-masing dengan memperhatikan peraturan/ketentuan yang ada sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas, transparansi, dan akuntabilitas NJOP Bumi yang dihasilkan.
8. Apabila dalam pelaksanaan Saudara memerlukan penjelasan tambahan dalam penggunaan aplikasi atau menemukan kendala-kendala dalam pengoperasian aplikasi, diminta agar menghubungi Direktorat Teknologi Informasi Perpajakan u.p Subdirektorat Pelayanan Operasional di nomor telepon (021) – 52904806, 5732063 atau faksmili (021) – 5207204.

Demikian disampaikan untuk dilaksanakan sebaik-baiknya.

Ditetapkan di Jakarta
Pada tanggal 20 Oktober 2008
Direktur Jenderal,

ttd.

Darmin Nasution
NIP 130605098

Tembusan :

1. Sekretaris Direktorat Jenderal Pajak;
2. Para Direktur dan Tenaga Pengkaji di Lingkungan Direktorat Jenderal Pajak.

9. makalya - August 15, 2009

Punya data njop bogor ga? Thx

10. Ramli - October 19, 2009

saya butuh NJOP gorontalo, mohon bantuannya….. terima Kasih

11. wibowo - November 6, 2009

untuk daerah cilincing tidak ada database nya ?

12. YS - November 16, 2009

datanya ga lengkap

13. Tini - November 20, 2009

thankz banget ya,,tapi kalau boleh di lengkapi dengan databasenya dong……

14. Nico - September 24, 2010

gimana klo saya mau tau nilai terkecil – terbesar njop daerah jakarta.

15. bob - October 5, 2010

ga bisa dibuka http://njop.pajak.go.id/ baik denga ie, opera atau ff

16. thegeom - April 13, 2011

linknya coba disini gan..: barusan ane buka, sudah bisa kok..
http://njop.pajak.go.id/Forms/FrmCariAtribut.aspx

17. Lestari Abdulwahab - April 20, 2011

adakah yg bisa membantu saya untuk mengetahui NJOP daerah simprug, tepatnya di jalan Patal Senayan, jalan Simprug Garden 7 jakarta selatan. Terimaksih

18. sitorus - July 30, 2011
19. Revi - September 25, 2011

Saya mencoba link yg diberikan.. tapi tidak bisa. ada kah yg bisa membantu. karena saya sgt membutuhkan data njop untuk penelitian di daerah bandung. terimakasih sebelumnya

20. elisa - November 30, 2011

mas, mau nanya atu nilai jual dari tanah dan bangunan nya di dapat dari mana? dari klasifikasi bumi dan bangunan ya? truz..pemerintah menggunakan metode apa dalam menghitung NJOP? karna kan ada beberapa metode yg berlaku seperti metode income approach, cost approach dan market data approach… dan bole g kita sbg WP ke KPP meminta informasi, penjelasan cara perhitungan dalam menentukan nilai bumi dan bangunan, juga bole g ya kita minta data DBKB Sumatera Utara dari KPP? maaf ya banyak nanya…tol dijawab ya..karna ini akan sgt membantu sy dalam menyelesaikan skripsi…tol bantuannya…thanx

21. elisa - November 30, 2011

linknya g bisa dibuka..
http://njop.pajak.go.id/Forms/FrmCariAtribut.aspx

di http://www.pajak.go.id tidak ada menu serba serbi jadi gmn ya cara download aplikasi njop bumi ini?? (portal DJP pada menu Serba-serbi –> Download –> Aplikasi Publikasi NJOP Bumi.)

thanx

22. komala - April 2, 2012

gimana sih websitenya pemerintah kok kaya gini, ga bisa di buka, server error. Malu2in aja. Website aja di korupsi…. -_-!

23. maskokilima - April 2, 2012

Mas Komala, saya cek per 2 April 2012 ini bisa dibuka kok mas. http://njop.pajak.go.id/

24. gendou - April 21, 2012

bung, attachment map-nya ga bisa dibuka liwat IE, apakah ada syarat atau ketentuan tertentu untuk membuat attachment mapnya terbuka bung?

25. imam - May 22, 2012

iya mas aku juga mumet, semua2 kena pajak ya?, memang rakyat mah dibuat mumet sama kejelasan pajak memajak ini.
produk penjajah ini dipelihara sama mreka2 untuk menyengsarakan rakyat. ini kita merdeka dari apa ya bro? 350 tahun digembleng jadi tukang palak jadi ya sudah mendarah daging.
dari waktu kewaktu mestinya pajak tu bergerak surut, bukan malah menggila.
tambahin bro yang lo tau kena pajak di ina ini, gwa tau dikit semua2 yang pake duit
1. PBB
2. BPKB
3. IMB
4. BPHTB
5. PAJAK PRIBADI
6. LISTRIK
7. PDAM
……..

26. Hj.Sulis Djuhartinah - May 22, 2012

Sukron info NJOPnya , Semoga barokah . Amiin

27. AYE - May 31, 2012

DATA TIDAK DITEMUKAN.
SILAKAN UBAH PARAMETER PENCARIAN UNTUK MENCARI LAGI.
iki piye…

28. newbie nih - July 31, 2012

DATA TIDAK DITEMUKAN.
SILAKAN UBAH PARAMETER PENCARIAN UNTUK MENCARI LAGI.

29. newbie nih - July 31, 2012

DATA TIDAK DITEMUKAN.
SILAKAN UBAH PARAMETER PENCARIAN UNTUK MENCARI LAGI.

maksudnyaaaaaa????????
ane gak ngerti gan
apakah karena gak lengkap???? ‘swt’ deh tuh blog

30. maria - August 9, 2012

DATA TIDAK DITEMUKAN.
SILAKAN UBAH PARAMETER PENCARIAN UNTUK MENCARI LAGI.

31. maria - August 9, 2012

DATA TIDAK DITEMUKAN.
SILAKAN UBAH PARAMETER PENCARIAN UNTUK MENCARI LAGI

kok ga bisa juga yah… piye toh boss….. masa fasum ga bisa dibuka
apa harus bayar piye toh,….

32. Herlan Riyanto - September 30, 2012

DATA TIDAK DITEMUKAN.
SILAKAN UBAH PARAMETER PENCARIAN UNTUK MENCARI LAGI. Aapa-apaan nih pemerintah kok Fasum ngga bisa dibuka sih. di Korup lagi ? apa mmg kita harus kontak bertatap muka langsung dengan pegawai Pajak biar nisa ngeduitin lagi….????

33. chris - October 3, 2012

sayang ya nunggu lama sekali……… sudah oktober TAHUN 2012 tapi NJOP tidak bisa dibuka oleh khalayak ramai. Kapan bisa dipulbikasi dan masih berapa lama harus menunggu? OH oh Direktorat Pajak………… ngapain aje… kegiatannya…

34. alma - October 18, 2012

Kenapa yang bisa dibuka hanya beberapa daerah dan tahun-tahun tertentu saja? tidak lengkap lagi datanya…..

35. Yuli Aryuni - December 7, 2012

Katanya bisa dibuka njop seluruh propinsi,tapiny cuma ngibul, sudah lagi para pembesar gak usah mempermainkan masyarakat terus, pajak dikorup tapi masih mau ngibul

36. Eko Eddy P - December 27, 2012

Wah mau tau njop condet batu ampar 3 berapa ya. Soalnya dibuka tdk nongol. Berkali kali data tdk ditemukan. Mungkin blm ada di daftar njop ya. Mhn bisa dibantu. TQ.Salam

37. marsinna - January 7, 2013

Sudah ganti tahun juga tidak bisa dibuka…

38. firman - January 8, 2013

situsnya ga bisa di buka., payah.., kurang profesional

39. don king - February 12, 2013

ora cetho..abal-abal…bener kata temen2…jgn2 diKORUPSI, lha buka-bukaan di internet aja gak berani….basi

40. icha - February 25, 2013

link nya http://njop.pajak.go.id/.gak bisa tuh…
udah masukin data g ada perubahan apa2….diem aja….

41. icha - February 25, 2013

ehh bisa…tapi update tahun 2011..
kebetulan aq cari di provinsi jawa tengah..
bisa tapi aga lama…

42. Rita - June 24, 2013

Untuk wilayah Bekasi kok gaak muncul2 yaaaa

43. johan - July 5, 2013

untuk wilayah kota palembang kecamatan sukarami tidak bisa di dapatkan infonya.

44. musaddat - July 12, 2013

Untuk daerah Sumatera Barat, Pesisir Selatan gak ada datanya..

45. pino - July 14, 2013

ini hanya pembohongan publik aja, buktinya hampir semua koment gak bisa ngakses data, malu dong mending ditutup aja, jgn sok2an canggih, he..he..♥lol:-[

46. DM Rizky - July 30, 2013

Program aplikasinya ngga aktif tuh. Udah coba input selengkapnya, tetep aja pasif. Mungkin bisa minta tolong sampaikan ke pihka pajak online….?? terimakasih.

47. Tono - August 16, 2013

Minta bantuanya utk njop jakarta timud kec durensawit kelurhan malakasari…krn situsnya ga bisa dibuka nih..mksh

48. Juragan Imron (@AbristaSmart) - September 26, 2013

Ga bisa di buka… Hadeeeeh…. padahal banyak orang pinternya disana. Sumber pemasukan negara. eh… buat cek NJOPnya aja kok susah…
Salam kenal bro…

49. Linda Fitriani - October 10, 2013

yup http://njop.pajak.go.id hari ini gak bisa dibuka…. payah deh…

HTTP Error 504: Gateway Timeout

The server, while acting as a gateway or proxy, did not receive a timely response from the upstream server it accessed in attempting to complete the request.

kayaknya servernya lagi down….
datanya juga minim banget….

50. Anugerah, SH - November 14, 2013

bro, klo ksi info ke publik hrus yg btul. jgn asal bunyi sja….

Author

Pada saat tulisan ini diupload, PBB khususnya kategori Pedesaan dan Perkotaan (P2) masih dikelola oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Dan data PBB tersebut ditampilkan dalam situs http://njop.pajak.go.id .
Saat ini PBB P2 dikelola oleh PEMDA masing-masing sehingga data adanya di PEMDA masing masing dan bukan di DJP.
DJP saat ini hanya mengelola PBB untuk kategori Pertambangan, Perkebunan dan Perhutanan (P3)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: