jump to navigation

Pajak Reklame di DKI Jakarta December 1, 2008

Posted by maskokilima in Tax.
Tags: , ,
trackback

Peraturan Daerah / Perda No. 2 Tahun 2004 Tentang Pajak Reklame di Wilayah Propinsi DKI Jakarta

Objek Pajak Reklame :
Penyelenggaraan reklame :
- Reklame papan, billboard, megatron, videotron, large electonic display (LED).
- Reklame kain
- Reklame melekat / Sticker / Stiker
- Reklame selebaran
- Reklame berjalan termasuk pula pada kendaraan
- Reklame udara
- Reklame suara
- Reklame film
- Reklame peragaan

Pengecualian Objek Pajak Reklame :
- Reklame internet, televisi, radio, warta harian, mingguan, bulanan dan sejenisnya.
- Reklame yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
- Reklame yang sidebar memberi manfaat / bermanfaat bagi yang menerima.
- Reklame partai politik / parpol dan organisasi kemasyarakatan / ormas.
- Reklame yang diselenggarakan perwakilan diplomatik, perwakilan konsulat, perwakilan PBB serta badan-badan khususnya badan atau lembaga organisasi internasional pada lokasi badan-badan dimaksud.
- Reklame tempat ibadah dan tempat panti asuhan.
- Reklame informasi kepemilikan tanah dan peruntukan tanah dengan luas tidak lebih dari 0,25 meter persegi di atas tanah tersebut.
- Reklame yang memuat nama dan atau pekerjaan orang atau perusahaan yang menempati tanah atau bangunan di tempat reklame berada :
a. ketinggian 0 – 15 meter luas reklame tidak lebih dari 0,25 meter persegi.
b. ketinggian 15 – 30 meter luas reklame tidak lebih dari 0,50 meter persegi.
c. ketinggian 30 – 45 meter luas reklame tidak lebih dari 0,75 meter persegi.
d. ketinggian 45 meter lebih luas reklame tidak lebih dari 1 meter persegi.

Subjek Pajak Reklame :
Orang pribadi atau badan yang menyelenggarakan atau melakukan pemasangan reklame.

Wajib Pajak Reklame (WP) :
Orang pribadi, badan, atau pihak ketiga / agen reklame yang menyelenggarakan reklame.

Dasar Pengenaan Pajak Reklame (DPP) :
Nilai Sewa Reklame berdasarkan :
- Lokasi penempatan reklame yang terbagi atas daerah protokol, ekonomi dan lingkungan (ditetapkan dalam keputusan gubernur).
- Jenis reklame
- Jangka waktu penyelenggaraan
- Ukuran media reklame

Tarif Pajak Reklame :
25% (dua puluh lim persen)

Rumus Menghitung Pokok Pajak Reklame :
Tarif X DPP (Dasar Pengenaan Pajak)

Ketentuan Tarif Lain :
- Reklame rokok dan minuman alkohol ditambah 25% dari pokok pajak.
- Reklame yang menambah ketinggian sampai dengan 15 meter ditambah 20% dari pokok pajak 15 meter pertama.

Masa Pajak Reklame :
1 bulan takwim atau sesuai keputusan gubernur

Saat Terutang Pajak Reklame :
Saat penyelenggaraan reklame atau diterbitkan SKPD (surat ketetapan pajak daerah).

Sistem Pajak Reklame :
Official / ofisial ditetapkan oleh pemerintah.

Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) Pajak Reklame :
SK Gubernur No. 37 Tahun 2000

Nilai Sewa Reklame pada Pajak Reklame :
1. Reklame kain : umbul-umbul, spanduk dan sejenisnya nilai sewa reklame sama dengan reklame papan.
2. Relame tempel atau stiker / sticker : Rp. 5 per cm persegi atau sekurang-kurangnya Rp. 500.000 setiap penyelenggaraan.
3. Reklame berjalan atau reklame kendaraan : Rp. 5.000 permeter persegi perhari.
4. Reklame udara : Ro. 2.000.000 perperagaan maksimal 1 bulan
5. Reklame suara : Rp. 1.000 per 15 detik
6. Reklame film atau slide : Rp. 5.000 per 15 detik dengan suara dan Rp. 2.000 per 15 detik tanpa suara.
7. Reklame peragaan : Rp. 12.000 perhari atau setidak-tidaknya minimal Rp. 400.000 untuk peragaan di luar ruangan yang bersifat permanen dan Rp. 200.000 untuk peragaan yang tidak permanen.
8. Reklame indoor / dalam ruangan sama seperti reklame peragaan namun mendapat potongan 50%.
9. Reklame papan, billboard, videotron, LED per 1 meter persegi perhari :
a. Protokol A : Rp. 15.000
b. Protokol B : Rp. 10.000
c. Protokol C : Rp. 8.000
d. Ekonomi kelas I : Rp. 5.000
e. Ekonomi kelas II : Rp. 3.000
f. Ekonomi kelas III : Rp. 2.000
e. Lingkungan : Rp. 1.000

Penjelasan Tambahan mengenai pajak reklame :
- Pengertian reklame termasuk juga merek, simbol logo perusahaan yang merupakan tanda atau inisial atau lambang perusahaan yang dapat mudah dikenali orang.
- Reklame papan : tinplate, poster, wrapping, dan yang ditempel-tempel ke dinding, pagar, tiang dan lain sebagainya.
- Reklame Kain : bendera, krey, umbul-umbul dari bahan kain, karet, karung, dan lain-lain.
- Reklame kendaraan : Kapal laut, kereta api / KA, pesawat udara, dan sebagainya.
- Reklame yang berguna contohnya seperti gantungan kunci, kanting, dan lain sebagainya yang dibagikan secara cuma-cuma alias gratis.

dicopas dari http://organisasi.org/

Comments»

1. joverto wahju - January 8, 2010

untuk jalan MT Haryono/ lampu merah pancoran masuk klas apa?
mohon dapat menjelaskan
terima kasih.

2. endro - June 11, 2010

Pak, saya mau tanya jika ngecat warung terus saya pasang sticker n spanduk warung…kira2 biaya pajak reklame berapa ya??
beserta perhitungannya jelasnya ya pak…

3. ian - June 29, 2010

saya mau tanya untuk membayar pajaknya saya hubungi mana yah?

4. ian - June 29, 2010

untuk penempelan poster di jalan protokol A,B,C di jakarta memang bisa pak?titiknya mana saja

5. QQ - August 20, 2010

oh iya..bro

kalo gw punya gedung media cetak terus ada merk media gw…apakah itu masih objek pajak atau bukan…

rgard’s

6. Pajak - September 30, 2010

baca dulu yah,
cz masih rada binggung juga nih

7. budi - November 27, 2010

pa saya mau nanya apa reklame pajak yang ter tera ikut pada dinding logo rabbani, Apa kena pajak..

8. sudirto - May 13, 2011

ini untuk dijakarta aja atau untuk daerah juga?

9. sudirto - May 13, 2011

ini untuk dijakarta aja , atau daerah sama aja. tanks

10. sam - June 3, 2011

itu untuk LCD indoor di mall apakah Pajak reklamenya di kenakan??dan berapa tarif dan perhitungannya ya pak?
thanks

11. jantje iwisara - November 1, 2011

Pak apakah tarif pajak reklame diatas masih berlaku untuk tahun 2011/2012, kalau gak tolong dong di up date
terima kasih

12. aris iskandar - January 9, 2012

untuk jalan lingkar luar barat masuk kelas apa?
atas penjelasannya saya ucapkan terimakasih

13. Jesica - February 2, 2012

untuk jl. mangga besar1, kelurahan mangga besar, kecamatan tamansari masuk dalam kategori kelas apa ?

and tolong dong info-kan memangnya ada pembaharuan perda no:2 tahun 2004 tentang tarif pajak reklame, dimana ada kenaikan harga dari sebelumnya ?
Cth: untuk protokol A dulu Rp. 15.000 sekarang Rp. 25.000
Thanks before

14. joice - March 27, 2012

kalau di daerah jati kramat, bekasi, masuk golongan apa dan brp pajaknya

15. jogjahot.com - May 25, 2013

mengingat ini postingan thn 2008 , tlong diupdate lg dong pak soal biaya2nya ,, mkasih

16. Furlat - May 28, 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: