jump to navigation

Kereta Api December 4, 2008

Posted by maskokilima in Jalan-jalan, Rumah.
Tags: , , , , , , , , , ,
trackback

Punya anak yang tergila-gila kereta api bisa bikin geli sendiri. Kadang-kadang menjengkelkan karena semua hal tentang kereta api, harus diketahuinya atau dilihatnya. Disaat kami harus terburu-buru dan di perlintasan kereta api sudah disediakan underpass atau flyover, eh si kakak malah memintya kami untuk lewat perlintasan kereta api itu meskipun sangat macet. Alasannya sepele, dia pengen tahu kereta apa yang lewat. Tapi kadang juga bikin trenyuh saat dia sakit seperti saat ini, kami rayu dan bujuk untuk makan dan sembuh, apa yang dia minta akan dikasih, eh dia cuman minta naik KA Pakuan dari gambir ke kota.

Sebenarnya salah kami juga, kenapa dia sangat tergila-gila dengan kereta api. Waktu kecil, dia sering ikut bundanya ke pasar klender yang semrawut itu dan sambil menunggu bundanya belanja dia dan ayah nongkrong di stasiun klender.

Dari hasil nongkrong di stasiun, dia mulai sering menggambar kereta api. Setelah lancar membaca (belum umur 5 tahun) kami belikan dia majalah kereta api. Dari majalah itu pengetahuan dia mengenai kereta api yang ada di Indonesia makin menjadi. Dia tahu dan hapal jenis-jenis lokomotif yang ada di masing-masing depo lokomotif. Dia tahu loko CC 202 hanya ada di Sumatera Selatan dan lampung. Dia tahu bahwa selain PT KAI, ternyata ada juga perusahaan swasta yang memiliki kereta api sendiri. Dia bahkan tahu di Aceh terdapat kereta api dan lebar sepurnya lebih lebar daripada yang ada di Jawa dan sumatera.

selain itu dia juga tahu, jenis penjepit rel yang ada di jalur kereta baik di jawa maupun sumatera. Dia langsung mengenali hanya dengan mendengar peluit loko, bahwa yang akan lewat adalah jenis loko CC 201, CC 203 atau CC 204. Bahkan dia sering mengkuliahi ayah bundanya selepas bekerja bahwa perbedaan loko kenapa loko itu dibedakan menjadi kode B BB C CC D atau bahkan DD. Yang ternyata didasarkan pada jumlah gandar penggerak loko, kalo B hanya dua gandar, C tiga gandar dan D empat gandar sehingga jika BB berarti ada dua set gandar penggerak loko yang jumlahnya 2, begitu juga CC berarti ada dua set gandar penggerak yang jumlahnya 3.

Makin pusing, karena setiap kami pergi ke suatu tempat, dia akan langsung mengetahui bahwa tempat tersebut terdapat stasiun atau jalur kereta baik yang hidup ataupun mati. Dan harus mampir! sehingga dalam perjalanan mudik misalnya, kita akan selalu mampir di brebes, tegal, semarang untuk melihat stasiun kereta dan depo loko, sedangkan dalam arus balik kami akan menjenguk stasiun sragen, stasiun solo balapan, tugu jogjakarta, terowongan dan stasiun ijo, stasiun purwokerto dll.

Lucunya si adek sekarang udah mulai ikut-ikutan, jika dia bangun tengah malam dan susah tidur lagi, dia akan segera tertidur jika melihat VCD kereta api, entah itu jalur daop 1 sampai 9. Seperti yang dapat dilihat di halaman about us, si kakak bercita-cita menjadi masinis, dan jika gagal dalam ujian masinis dia baru akan mencoba ujian pilot!

Buat kakak dan adek, cepet sembuh ya? Jangan demam lagi, musim hujan biar aja datang tapi sakitnya gak usah datang. Kalau sembuh kita naik kereta ke bogor sambil liat jaluir bogor sukabumi yang katanya dibuka lagi desember ini.

Love you

About these ads

Comments»

1. aditya cessario - December 11, 2008

saya sangat suka kereta api pak…………………………he he he buagus buanget

2. Rulli - December 16, 2008

Mas Aditya suka kereta apa?
pernah ikut acara mengecat bareng loko uap di museum transportasi TMII?

3. bim2 - January 13, 2009

Heheee…ceritanya lucu juga.
Tapi banyak juga loh, selain adik dan kakak ini yang tergila-gila oleh keretapi.
Saya menyarankan untuk mengirimkan profil (foto+cerita) penggila keretapi ini ke redaksi majalah ka utnuk dimuat di rubrik Railfan Yunior.
Cukup kirim via email ke majalah_ka@yahoo.com dan redaksi@majalahka.com.

4. idah faridah - February 23, 2009

wah, sama pak…anak saya juga suka banget sama kereta api…gara2 waktu kecil dr umur 11 bln saya belikan vcd thomas, trus umur sethan saya belikan buku kereta api….nach,dari situ sukanya makin menjadi2…sampe hafal tuch dalemnya isi buku….trus,klo lg jalan2 juga selalu pingin mampir ke stasiun. kita masuk ke stasiun hanya untuk melihat2 kereta api yg lewat.kita bisa nongkrong doang di stasiun sampe 1 jam…klo lewat underpass/flyover juga minta berhenti….sampe nunggu kereta apa yg lewat…samapersis kisahnya pak….
kadang,pernah juga sampe saya jengkel gara2 tengah malem dia bangun, dan minta diceritain/dibacain buku kereta api.

5. Rulli - February 24, 2009

Ternyata memang anak kecil itu sama saja ya bu…
kakak dan adek juga seneng nonton video thomas.

Salam kenal dari kakak farrel dan adek dhifa

6. nana nurhasanah - June 11, 2009

wah seru juga ya…bicara soal kereta api bagi anak. anak saya setiap hari atau pagi hari tepatnya, wajib nyambangi kereta api hanya untuk sekedar melihat-lihat kereta api. sampai akhirnya saya ajak naik kereta api jur. tn. abang serpong.

7. Faridh Wisanggeni - February 2, 2010

Wah…hebat banget kejadian ini jarang banget….tapi kalau anda bisa mendidik anak anda dengan ilmu2 per kereta apian. apalagi kalo ilmu cara membuat kereta api.

Saya yakin anak anda akan bisa menjadi seorang pencipta kereta dimasa depannya, yah..kita bisa berharap supaya dia bisa menjadi pencipta kereta buatan indonesia yang terbaikk di dunia.

Karena kalau dari pengalaman2 orang, jika anak2 seperti itu
dan diajarkan sesuai dengan kemampuan yang anda ceritakan tadi
besarnya nantinya dia akan bisa menciptakan apa yang selama ini dia impi2kan…

Semangat yach…

8. malvino - March 4, 2010

hebat juga nank anda

9. deyusro - September 23, 2011

Repot emang punya anak yang suka ama kereta api. Putra saya dua-duanya malah jadi jadi anggota ‘Komunitas Edan Sepur Indonesia’

10. Yanto Sudaryanto - August 6, 2012

Cucu saya adalah Kereta Api mania, di rumah banyak sekali gambar2 Kereta Api, juga VCD – Thomas & Friends. Dirumah saya ada Majalah KA edisi pertama tgl 1 Agustus 2006. Saya ingin sekali bisa beli Majalah Kereta Api (MKA) edisi selanjutnya. Dimana saya bisa membelinya di kota saya (Surabaya?) Mohon informasi. Terima kasih,


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: