jump to navigation

Biaya Jabatan dan Biaya Pensiun tahun 2009 January 19, 2009

Posted by maskokilima in Tax.
Tags: , , , , , ,
trackback

Well, tahun 2009 ternyata tahun penuh insentif bagi Wajib Pajak. Insentif yang diberikan oleh Pemerintah ini tidak main-maian. Contohnya adalah Biaya Jabatan dan Biaya Pensiun. Berdasarkan PMK-250/PMK.03/2008 tanggal 31 Desember 2008, telah ditetapkan Biaya Jabatan dan Biaya Pensiun yang dapat dikurangkan dari penghasilan bruto oleh Pegawai tetap atau Pensiunan dalam menghitung PPh terhutang atas gaji dan/atau pensiun serta tunjangan lain yang terkait dengan gaji/pensiun atau pekerjaannya.Semula Maksimum Biaya Jabatan dan Biaya Pensiun yang sebesar Rp. 108.000 per bulan atau Rp. 1.296.000 per tahun (untuk Biaya jabatan) dan Rp. 36.000 per bulan atau Rp. 432.000 per tahun (untuk biaya pensiun) telah ada sejak tahun 1999. Bayangkan 10 tahun kemudian baru dirubah menjadi Rp. 500.000 per bulan atau Rp. 6.000.000 per tahun (untuk biaya jabatan) dan Rp. 200.000 per bulan atau Rp. 2.400.000 per tahun (untuk biaya pensiun). Sedangkan prosentasenya sendiri tetap yaitu 5% dari penghasilan buto baik teratur maupun yang tidak teratur.

Meskipun prosentasenya tetap, dan yang diubah hanya batasan maksimum-nya saja tetap saja hal ini membuat WP mendapat banyak keuntungan. Karena selama 10 tahun tetap segitu-gitu aja, sekarang naik hampir 6%. Dan sesuai dengan hakikat dari biaya jabatan atau biaya pensiun yaitu biaya untuk mendapatkan, menagih dan memelihara penghasilan dari pegawai tetap, maka perubahan maksimum biaya jabatan dan biaya pensiun ini menjadi suatu hal yang patut disukuri oleh Wajib Pajak. Karena meskipun sebagai karyawan/pegawai tetap dan/atau pensiunan, tidak berarti bahwa mereka tidak mengeluarkan biaya untuk mendapatkan gaji/pensiun/taunjangan lain. Dengan laju inflasi yang selalu plus minus 2 digit setiap tahun, dan selama hampir 10 tahun biaya 3M hanya Rp. 1.296.000 untuk pegawai tetap atau Rp. 432.000 ujntuk pensiunan, maka kenaikan batas maksimum hampir 6% ini, menjadi obat yang cukup menambah stamina para pegawai tetap dan pensiunan untuk menatap tahun kerbau yang katanya penuh dengan resesi.

Buat Mbakyu Triyani, aku nebeng link buat download..
mau menghemat jatah upload file wordpress
8)

About these ads

Comments»

1. Ari - January 19, 2009

is this for real??

2. Rulli - January 19, 2009

Suer mas…
Ini bener-bener
link PMK belum dikasih, sory
nanti kalo udah muncul di internet, baru dikasih
lagi menghemat jatah kapasitas file di wordpress.

3. triyani - January 20, 2009

nebeng gratis kok..:)
jatah kapasitas file di WP masih banyak kok hehehe

4. Bambang P - January 22, 2009

Blog ini namanya Maskokilima? Apakah ini nama jalan di Perumnas II Bekasi? If yes I used to live close to this address (Maskokiempat). If not, sorry nggak usah dibahas. Saya pensiunan PNS Depkeu di Banteng. Selama ini di daftar gaji kita tidak pernah ada pengurangan dari unsur biaya jabatan/pensiun. Bagaimana comment anda? Thanks. (from: Bambang P.)

5. Rulli - January 22, 2009

Salam kenal Pak Bambang P…
Nama blok ini memang Maskokilima, dan memang diambil dari nama jalan tempat rumah kami berada. Tapi sayang kami bukan tetangga bapak.
Sebagai senior di depkeu, saya kembali ucapkan salam hormat kepada bapak.
Untuk biaya jabatan yang bapak tidak pernah lihat di daftar gaji kita, memang betul pak, saya juga tidak pernah melihatnya.
Biaya Jabatan hanya muncul di form 1721 A2 yang dibuat oleh bendaharawan setahun sekali. Bukan di daftar gaji, meskipun perhitungan PPh di daftar gaji tetap memasukkan biaya jabatan ini.

6. Tumpak - February 12, 2010

Saya punya pertanyaan mengenai perhitungan biaya jabatan. Seorang pegawai tetap, mendapat gaji dan tunjangan rutin setiap bulan dan telah dihitung biaya jabatan. Pegawai ini masih mendapat Tunjangan yg diberikan 1 kali setahun (gaji ke 13, THR, Tunjangan Karya, Jasprod) dan tunjangan makan setiap bualan (diberikan uang).
Pertanyaan saya, dalam perhitungan pajak satu tahun apakah biaya jabatan dan pensiun 5% dihitung dari total penghasilan setelah dijumlah seluruh tunjangan, atau hanya dari (gaji + tunjangan yang melekat pada gaji setiap bualan).

7. 1001wisata - March 28, 2012

trims sudah berbagi info nya, di web pajak.go.id mustinya ada penjelasan yg gamblang seperti ini :)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: