jump to navigation

Sate Klatak Jogja November 19, 2008

Posted by maskokilima in Jalan-jalan.
Tags: , , , , ,
trackback

klatakEntah berapa banyak tulisan atau artikel di internet yang membahas masalah ini. Tapi memang yang ini patut diulas. Mumpung hari ini ada di Jogjakarta, dan juga temen seperjalanan pengen makanan khas yang gak ada di kota lain, maka pilihan tertuju pada sate klatak.

Malam ini gerimis yang turun membuat udara Jogjakarta basah dan dingin. Apalagi siang tadi hujan lumayan derah mengguyur. Perutpun menjerit minta disuguhin makanan minuman yang anget. Sate Klatak langsung menjadi pilihan meskipun hari ini pagi makan soto daging pak soleh, siang makan iga bakar di gejayan dan malemnya mau makan sate. Bener-bener hari carnivora!

Dari wisma MM UGM tempatku menginap, letak sate klatak ini lumayan jauh untuk ukuran Jogjakarta. 20 menit dengan jalan yang sepi karena gerimis. Bisa dibayangkan kalau ini malam yang cerah! Sampai di pasar jejeran, ops! Begitu masuk lorong pasar langsung disambut dengan potongan daging kambing yang digantung dan pikulan sate yang biasa digunakan penjual sate madura. Langsung aku mau duduk di sana. Ternyata salah! bukan itu sate klatak yang asli, adanya di bagian dalam dan belok kiri dulu. Wah malu deh sama penjualnya yang sudah mesem-mesem mau ngelayani.🙂

Tapi ketidak beruntungan masih berlanjut seperti juga gerimis yang tidak mereda. Sate klatak aslinya tutup, gak jualan. Huh!, Udah jalan jauh, hujan, dingin, laper, gak ketemu yang dicari. Akhirnya gak dapet aslinya diputuskan tetep harus nyobain klatak ini, meskipun hanya kw-nya. Akhirnya mas Bayu driver, putar balik ke arah Jogja dan mengantarkan kami ke sate klatak yang konon katanya merupakan KW-1 dari sate klatak asli. Ternyata sate ini sedemikian terkenalnya sampai punya KW-1 sampai KW-3 untuk mencerminkan keenakan rasa sate ini meskipun bukan yang asli. Hehehehehehe, seperti spareparts kendaraan!

Sate klatak itu apa tentunya temen-temen bisa cari di mbah google. Yang unik, adalah begitu kami datang tern

Comments»

1. nawam - December 20, 2008

sate klatak apa yang tusuknya dari jari pelek sepeda itu?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: