jump to navigation

Staff Lokal PBB dan PPh Indonesia December 25, 2008

Posted by maskokilima in Tax.
Tags: , , , , , , , ,
trackback

Sudah jamak diketahui bahwa Organisasi Internasional di bawah PBB dan Pejabatnya ditetapkan sebagai bukan subjek pajak as Pasal 3 UU PPh dan KMK-574/KMK.04/2000 yang telah beberapa kali diubah terakhir dengan KMK-601/KMK.03/2005. Dengan syarat bahwa pejabat Organisasi Internasional tadi bukanlah warga negara indonesia dan tidak mempunyai penghasilan lain di Indonesia. Ini menyatakan bahwa UU PPh di Indonesia mengatut azas domisili (pasal 2  ayat (3)), sumber (pasal 2 ayat (4)) dan Kewarganegaraan (pasal 3) sekaligus.

Lalu bagaimana dengan Staff Lokal dari organisasi internasional tadi? Staff lokal bukanlah pejabat dari organisasi internasional itu. Sehingga staf lokal pasti menjadi subjek pajak dalam negeri dan atas penghasilan yang diterimanya wajib kenakan pajak di Indonesia.

Namun hal itu tidak berlaku bagi staff lokal dari organisasi internasional yang berada di bawah PBB. Hal ini tertuang dalam Convention on the Privileges and Immunities of the United Nation, 1946 dan Convention on the Privileges and Immunities of the Specialized Agencies, 1947 . Dalam konvensi ini, disebutkan bahwa officials dari PBB dan Organisasi Internasional di bawah PBB harus dibebaskan dari pengenaan pajak atas gaji dan tunjangan yang dibayar oleh PBB dan Organisasi Internasional di bawah PBB. Dari sekian banyak organisasi internasional di bawah PBB, hanya International Atomic Energi Agency yang tidak memberikan priviledge ini kepada officialsnya. Untuk IAEA, konvensinya dapat dilihat di sini Agreement of the Privileges and Immunities of the International Atomic Energy Agencies, 1959. Ketiga konvensi/Agreement ini telah diratifikasi oleh pemerintah Indonesia dalam KEPPRES nomor 51 tahun 1969. DJP Sendiri telah melaksanakan amanat KEPPRES tersebut dengan mengeluarkan SE-12/PJ.312/1990. Berdasarkan SE ini, maka staff lokal organsisasi internasioanl di bawah PBB kecuali staff lokal dari IAEA tidak akan dikenakan pajak dari penghasilannya (gaji dan tunjangan) yang didapat dari organisasi internasional temp;atnya bekerja. Dengan kata lain penghasilan tersebut bukanlah Objek Pajak. 

Lalu apakah staff lokal tersebut tetap sebagai subjek pajak dalam negeri atau tidak, tentu saja masih dan wajib mempunyai NPWP dsan harus dikenakan pajak jika mempunyai penghasilan lain selain dari organisasi internasional di bawah PBB tempatnya bekerja. Mengapa dia wajib NPWP? Karena dia sudah memiliki penghasilan di atas PTKP, meskipun penghasilan itu bukanlah objek pajak.

 

About these ads

Comments»

1. chondon - February 25, 2009

Apakah pensiunan pegawai International Organization (PBB) yg kemudian kembali dan menetap di Indonesia dikenakan pajak ?
Saya berasumsi, karena uang pensiunannya itu tetap didapat dari PBB, seharusnya bebas dari pajak. Apalagi mengingat bahwa selama berkarir di organisasi international ini, mereka tidak pernahan menikmati pendapatan yg dihasilkan dari negara Republik Indonesia.
Rasanya kurang tepat kalau staff organisasi international ini bebas sama sekali dari pembayaran pajak ke negara asalnya. Yang saya ketahui di PBB ada semacam pajak yg disebut “Staff Assement” yg kemudian diperhitungkan dalam pengurangan jumlah kontribusi tahunan negara tersebut (temasuk Indonesia) ke PBB.
Terima kasih, website anda sangat membantu.

2. Andry - March 18, 2009

Terima kasih maskokilima untuk tulisan ini dan menjadi pegangan untuk teman2 yang bekerja di organisasi PBB. Hanya pertanyaan mendasar saya adalah: apakah menurut maskokilima seluruh para petugas pajak di Republik tercinta ini atau minimal petugas pajak di KPP sudah pasti mengetahui adanya SE-12 tsb???? Sehingga mereka tidak mengejarrrrrrrrr teman2 kita yang bekerja di PBB untuk membayar pajak penghasilan????.

Terima kasih mas,
andry

3. widia - August 19, 2010

Bagaimana dengan staff lokal WNI yang bertugas di perwakilan RI di luar negeri? Apakah seharusnya dipotong PPh 21 oleh Bendahara gajinya ?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: