jump to navigation

PPN Minyak Goreng January 5, 2009

Posted by maskokilima in Rumah.
Tags: , , , , , ,
trackback

Pada saat harga CPO merangkak naik, pemerintah melakukan perlindungan kepada konsumen dengan cara PPN atas produk minyak goreng, baik curah maupun kemasan dibayar pemerintah. Ketentuan ini tertuang dalam PMK nomor 14/PMK.011/2008 (minyak goreng curah) dan PMK nomor 15/PJ.011/2008 (minyak goreng kemasan).
Rupanya untuk tahun 2009 ini, karena penurunan harga CPO yang cukup signifikan, dipandang pemerintah perlindaungan kepada konsumen itu sudah tidak tepat lagi. Sehingga dikeluarkan PMK nomor 231/PMK.011/2008 tanggal 23 Desember 2008. Dimana diatur bahwa mulai 1 Januari 2008, PPN atas minyak goreng yang ditanggung pemerintah adalah untuk minyak goreng curah dan minyak goreng kemasan sederhana dengan merk MINYAKITA. Jelaslah bagi kita bahwa perlindungan yang hendak di tuju pemerintah adalah untuk penduduk kurang mampu yang biasa mengkonsumsi minyak goreng curah, sedangkan untuk minyak gorenmg kemasan, di atur bahwa minyak goreng kemasan senderhana dengan yang medapatkan fasilitas ini juga ditujukan untuk kaum papa.
Siapakah yang bisa memproduksi minyak goreng kemasan sederhana ini? Semua produsen minyak goreng bisa, asalkan mendaftar ke Departemen Perdagangan dan model desain dan spesifikasi kemasan ditentukan oleh Menteri Perdagangan.
Satu hal lagi, dari awal pagu anggaran untuk kebijakan pro rakyat miskin ini sudah ditetapkan sebesar 800 miliar rupiah, sehingga jika pagu anggaran habis, maka bisa jadi dua produk tadi akan terkena PPN atau, sekalian dibebaskan. Who knows…?

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: