jump to navigation

RUU Pembantu Rumah Tangga February 24, 2009

Posted by maskokilima in Rumah.
trackback

Sungguh mulia niat anggota dewan yang terhormat. Melindungi Pembantu Rumah Tangga merupakan alasan utama DPR mengeluarkan RUU tentang PRT ini. Apabila anda semua belum membaca RUU ini, silakan di unduh di sini

Dalam konsideran RUU ini tercantum sbb:

  1. bahwa bekerja merupakan hak asasi manusia yang wajib dijunjung tinggi, dihormati, dilindungi dan dijamin penegakannya
  2. bahwa setiap tenaga kerja mempunyai hak dan kesempatan yang sama tanpa diskriminasi untuk memperoleh pekerjaan dan penghasilan yang layak sesuai dengan keahlian, ketrampilan dan kemampuan
  3. bahwa jenis pekerjaan rumah tangga merupakan salah satu alternatif untuk menyerap jumlah tenaga kerja sebagai upaya mengurangi jumlah pengangguran di dalam negeri
  4. bahwa jenis pekerjaan rumah tangga mempunyai karakteristik tersendiri sehingga memerlukan perlindungan
  5. Dalam RUU ini, PJPRT (Pengguna Jasa Pembantu Rumah Tangga) dilarang mempekerjakan PRT berumur di bawah 15 tahun. Bila mempekerjakan PRT berusia 15 tahun s.d. 17 tahun, maka PJPRT wajib mendapatkan perseujuan dari orang tua/wali PRT tersebut, tidak mempekerjakan PRT itu pada malam hari, memberikan kesempatan belajar dan maksimum jam kerja adalah 4 jam sehari.

    Selain itu, juga ditentukan Upah minimum PRT yang akan ditentukan oleh kepala daerah tempat PRT bekerja yang bersangkutan. Juga PRT berhak atas libur minimal sehari setiap minggu dan minimal 12 hari setiap tahun.

    Hhhmmmm, tambah susah dapetin PRT nih…

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

 

 

 

Comments»

1. NaNa - February 25, 2009

liburnya gak salah tuh?
kalo sehari seminggu,mosok setahun cuman 12….?
btw, yang bikin undang2 sih enak, di rumahnya semua serba otomatik. coba kalo kayak umumnya orang indonesia yang serba manual, baru tahu rasa deh…..!

2. Rulli - February 25, 2009

Bukan begitu bunda…
Jadi PRT itu based on RUU ini
punya hari libur 52 plus 12 hari dalam setahun
setiap minggu dia libur sehari berarti 52 hari
setahun dia dapat libur 12 hari (cuti tahunan)

jadi totalnya 64 hari setahun dia liburnya

hehehehehehehehehe


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: