jump to navigation

1721 A2 bagi Pensiunan PNS dan TNI/POLRI February 21, 2012

Posted by maskokilima in Tax.
Tags: , , , , , , , , , ,
trackback

Bagi para pensiunan PNS dan TNI/POLRI mungkin bulan-bulan Februari dan Maret menjadi momok yang patut dihindari. Hal ini dikarenakan adanya kewajiban untuk mengisi dan melaporkan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi. Melaporkan sendiri cukup mudah karena terdapat drop box ataupun bisa menggunakan e-Filing. Tapi mengisinya cukup membuat pusing karena harus mendapatkan formulir 1721 A2 dari bendahara masing-masing.

Bayangkan setiap bulan para pensiunan tersebut hanya antri dan cukup bersilaturahmi dengan petugas PT Pos Indonesia ataupun BRI, tapi untuk mendapatkan formulir 1721 A2 sebagai dasar pengisian SPT Tahunan mereka harus datang ke PT Taspen atau PT Asabri untuk mendapatkan formulir 1721 A2 tersebut. Hal ini sangat merepotkan dan menyita waktu bagi golden citizen tersebut. Belum lagi ribetnya di ping-pong di PT Taspen atau PT Asabri jika para pensiunan tersebut belum pernah meminta form 1721 A2 dan belum kenal siapa PIC di sana. Tidak meminta formulir 1721 A2 lebih pusing lagi karena berarti tidak bisa mengisi SPT dan pasti tidak bisa melaporkan SPT tersebut tepat waktu sehingga dapat dikenakan sanksi paling tidak sebesar Rp. 100.000,-

Namun ternyata PT Taspen dan PT Asabri telah membuat suatu kemudahan yang berarti. Para pensiunan tersebut dapat mencetak sendiri formulir 1721 A2 dari PT Taspen ataupun PT Asabri melalui internet sehingga tidak perlu direpotkan lagi dengan mendatangi kantor cabang PT Taspen ataupun PT Asabri. Untuk mencetak formulir 1721 A2 bagi pensiunan PNS anda cukup klik ke sini dan siapkan nomor pensiun atau NPWP anda yang didaftarkan di PT Taspen. Untuk pensiunan TNI/POLRI anda cukup klik di sini dan siapkan nomor pensiun anda. Untuk PT Asabri bila lupa nomor pensiun bisa dicari dengan menggunakan kata kunci nomor NRP atau NIP.

Dengan adanya kemudahan ini, diharapkan para golden citizen tersebut dapat melakukan pengisian dan pelaporan SPT PPh Orang Pribadi dengan lancar tanpa dipersulit dengan tidak adanya formulir 1721 A2 yang tidak mungkin mereka bisa dapatkan dari PT Pos Indonesia ataupun BRI. Cukup dengan beberapa kali klik di internet formulir tersebut dapat dicetak sendiri.

Semoga berguna

Comments»

1. nurendah - March 12, 2012

terimakasih, saya tinggal print saja, tidak usah repot-repot ke kantor pajak/kantor taspen

2. hotel murah - March 28, 2012

trims info nya, dah susah carix2 ketemu disini =)

3. Cyrus O. Hammond - February 16, 2013

Untunglah sekarang PT Taspen dan PT Asabri sudah menyediakan layanan cetak dokumen tersebut dengan cara online. Untuk pensiunan Pegawai Negeri Sipil bisa mengakses layanan tersebut pada alamat http://e-klim.taspen.com/espt/ sedangkan pensiunan TNI/Polri bisa mengaksesnya di http://www.asabri.co.id/pajak.php .

4. widodo - March 22, 2013

Not Found

The requested URL /espt/index.php was not found on this server.
Apache/2.2.3 (Red Hat) Server at e-klim.taspen.com Port 80

5. maskokilima - March 22, 2013

pak widodo, saya cek masih bisa kok pak

6. widodo - March 22, 2013

yang saya maksud yg taspen pak


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: